Monday, September 26, 2011

Integrity


Integrity: adherence to moral and ethical principles; soundness of moral character; honesty (Dictionary.com, 2011)

postingan gue kali ini bakal ngomongin tentang integritas, apa sih integritas ? kalo di pelajaran fisika ada integritas cahaya, tapi sebenernya integritas dalam kamus bahasa Indonesia ataupun Inggris intinya adalah bertindak secara konsisten jujur dan beretika, yah intinya begitulah.

Gue pengen jadi orang yang punya integritas, tapi dalam hal apa ? yah macem2, yang gue utamain adalah kejujuran, yah gue harus jadi orang yang jujur apapun keadaannya, seperti tidak mencontek saat ujian, atau jujur akan hal-hal yang kecil.

Contoh hal2 yang kecil waktu itu gue makan di salah satu restoran Sunda di bumi Parahyangan, gue mesen nasi uduk dan ternyata gak ada, akhirnya gantilah gue jadi pesen nasi timbel, pas udah bayar iseng2 nge cek bon, ternyata pesenan gue nasi uduk masih dicatet bukan si nasi timbel, setelah gue cek nasi timbel gue lebih mahal Rp 500 daripada si nasi uduk, jadinya yah gue wajib bayar tuh Rp 500,- yah memang kecil, dan bisa aja kalo gue males langsung pulang aja dan tinggalin tip 5000 juga no problem, tapi gue harus jujur, takut2 ntar malah jadi sakit perut ato kualat gara2 gue gak jujur, kan gak lucu kalo gue sakit perut beli obat diarenya aja bisa puluhan bahkan ratusan ribu hanya gara2 500 perak. Akhirnya gue panggil lagi tuh pelayan dan gue harus jujur bahwa gue pesennya nasi timbel bukan nasi uduk dan gue harus bayar kekurangan 500 perak, dengan wajah yang bingung (kayanya gara2 gue terlalu jujur) si pelayan membetulkan bill tersebut dan gue bayar 500 perak, hasilnya ? gue bangga gue bisa jadi orang yang jujur.

Contoh lain gue punya integritas untuk tidak membuang sampah sembarangan, kenapa gue punya integritas seperti itu ? karena itu bukan hal yang sulit untuk dilakukan, dan alasan lain karena bisa menyebabkan kebanjiran, ya gue gak pengen Jakarta dapet banjir tahunan walaupun gue gede di Jakarta gak pernah ngerasain banjirnya Jakarta hehehe, yah tapi apa salahnya gue mengurangi potensi banjir. Apalagi gue liat banyak warga ibukota suka komplain kalo pemerintah gak bisa nuntasin masalah banjir, padahal masih banyaaaaakkkkk bangeeetttt orang yang buang sampah sembarangan, mau dia jalan kaki, naik motor, bajaj, angkot, bus, sampe yang naik BMW X5 pun buang sampah sembarangan dan gue melihatnya dengan mata kepala gue sendiri. Jadi janganlah kalian nyalahin pemerintah gara2 nggak bisa ngatasin banjir kalo masih buang sampah sembarangan, gue aja yang gak pernah ngalamin banjir Jakarta walaupun gue tinggal di Jakarta pengen kota gue gak banjir lagi, apalagi yang sering ngalamin banjir, harusnya sadar kalo buang sampah jangan sembarangan, kalo kata Gus Dur gitu aja kok repot.

Ok, gue memang punya integritas untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi bagaimana dengan membuang upil sembarangan ? apakah upil termasuk sampah ? gue berpikir begini karena gue sering buang upil sembarangan gak di rumah, kampus, kantor maupun di jalan, seringkali gue buka kaca mobil hanya untuk membuang upil. Setelah bergumul dengan diri sendiri, gue mikir kalo gue setiap kali nyetir buang upil sembarangan emang bisa bikin banjir ? kayanya sih bisa aja. Perhitungan gue volume upil katakan lah 0.4 cm3, penduduk DKI 12 juta, asumsi aja yang suka buang upil sembarangan 1 juta orang, itung deh 1 juta upil x 0.4 cm3 = 400.000 cm3 = 0.4 m3 = 400 liter upil, dengan perhitungan gumpalan upil yang segitu sangatlah mungkin untuk menyumbat saluran2 air. Kesimpulanya ? janganlah buang upil sembarangan juga karena akan menyebabkan banjir....

Gue memang punya integritas untuk jujur dan tidak membuang sampah / upil sembarangan, ada satu hal yang gue gak bisa untuk berintegritas, yaitu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, soalnya yah tau sendiri Jakarta macetnya kadang bikin stress yah mau gak mau langgar2 dikit lah pake nerobos jalan biar cepet, yang paling sering gue langgar adalah jalan di depan rumah gue yang one way padahal tuh jalan mau di bikin 3 jalur mobil juga muat, gue bingung kenapa di bikin one way, dan gue kalo mau ke rumah mesti muter2, alhasil gue sering melanggar. Gapapa deh melanggar asal gue gak bikin macet, banjir atau masalah2 lainya.

Sekian postingan gue tentang integritas, jadilah manusia yang punya integritas!